Contoh Teks Khutbah Jumat Maulid Nabi Muhammad Saw Yang Singkat 2016

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Khutbah Jumat Maulid Nabi Muhammad Saw Yang Singkat 2016 - Maulid adalah sebuah nama bulan pada kalender islam yang didalamnya mengandung makna tersendiri pada bulan tersebut, dan salah satu isi dari pada bulan ini adalah dimana jungjunan kita semua yakni kanjeng Nabi Muhammad Saw lahir pada bulan tersebut yang sesuai dengan namanya maulid yang berarti lahir.

Dan tidak menutup kemungkinan bahwa sanya tidak sedikit bagi para khotib yang mencari khutbah jum'at yang berisi tentang seputar maulid nabi, disini kami akan sajikan untuk saudara yang sengaja sedang mencari khutbah jum'at seputar maulid nabi, karena halaman ini hanya akan menuliskan contoh teks khutbah jum'at, maka kami juga tidak akan terlalu banyak basa basi lagi, yuk kita langsung simak saja teks nya dibawah ini.

Khutbah 1 Pertama

إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يَهْدِه الله فَلا مُضِلَّ لَهُ، ومن يُضْلِلْ، فَلا هَادِي لَهُ.
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدًى
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا *
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللهَ وَ اْليَوْمَ اْلاَخِرَ وَ ذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا.

Pertama-tama marilah kita memuji kepada rabb yang berhaq terhadap puji, shalawat beserta salam kita curahkan kepada baginda rosul saw yang telah membawa umatnya pada jalan lurus yang di ridhoi allah swt yaitu islam, tak lupa juga kepada keluarganya, para shabatnya, dan umat-umatnya yang selalu taat terhadap ajaran-ajarannya hingga yaumul qiyyamah.

Hadirin ahli jumat yang di muliakan allah

Selama kurang lebh dari 570 tahun semenjak di angkatna nabi as, oleh allah swt. Seluruh umat manusia di alam dunia ini berada dalam kerusakan dalam berbagai hal mulai dari agamanya, keamanannya, perekonomiannya sampai akhlaknya dan lain sebagainya, sehinga umat jaman tersebut di kategorikan sebagai umat jahiliyyah. Kenapa di namakan seperti itu ? sebab orang-orang pada zaman tersebut beada dalam jajahan hawa nafsunya, tidak ada pedoman hidup yang di jadikan pegangan kecuali menuruti hawa nafsunya sendiri, sehingga dengan begitu berbagai hal yang keluar dari norma-norma pun terjadi mulai dari terjadinya penganiayaan sampai berbagai macam pertengkaran, hukum yang ada pada waktu tersebut adalah hukum rimba, siapa yang kuat dia yang berkusa.

Perlu kita ingat, bahwa ketika kekacauan sudah merajalela hingga puncaknya, dimana jeritan hati rakyat kecil sudah terdengar di segala penjuru bumi, penindasan-penindasan dari orang yang berkuasa sudah tidak terhentikan lagi, berbagai kedzoliman telah merajalela di berbagai titik. Maka ketika hal tersebut sudah terjadi, maka allah akan mengutus seorang hamba untuk menghancurkan hal tersebut, dan menolong orang-orang yang terdzolimi. Begitu juga ketika pada saat jaman jahiliyah tersebut, allah mengutus hambanya nabi muhammad saw dengan tugasnya berupa keadilan dan kesejahteraan, sebagai mana terdapat dalam surat al-baqarah ayat 151.

كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

Kama arsalna fiikum rosuulan minkum yatluu 'alaikum aayaatinaa wayujakiikum wayu'allimukumul kitaaba wal hikmata wayu'allimukum maa lam takuunuu ta'lamuun.

Artinya : Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. wallahu a'lam bimurodih.

  1. Untuk menyampaikan ayat-ayat allah (al-qur'an).
  2. Membersihkan (meluruskan) lahir dan batinnya umat manusia yaitu dari ke musyrikan ke jalan ketauhidan, Dari sifat saling aniaya ke saling mengasihi, Dari kemegkaran ke jalan taubat, serta mengajak manusia ke pada jalan halal yang di ridhoi allah dan lain sebagainya.
  3. Untuk mengajarkan, atau memberi tahu umat manusia pada isi-isi ayat allah yang mencakup dengan ilmu-ilmu keduniaan hingga ke akhiratan.
  4. Mengajarkan manusia tentang ilmu hikmah, agar bisa benar dalam setiap tingkah dan laku.
  5. Mengajarkan berbagai ilmu yang manusia belum ketahui.

Para Hadirin Ahli Jum'at

Sungguh berat sekali tugasnya kanjeng nabi muhammad saw di utus ke alam dunia ini, beliau di tuntut oleh allah untuk memberantas kaum musyrik agar menjadi umat yang bertauhid, memberantas kaum yang berdzolim agar menjadi umat yang hidup rukun, tentram dan damai, menghilangkan penganiaayaan orang-orang yang merasa kuat dan dari penguasa kepada rakyatnya. Memberantas sosial ekonomi
yang bersipat kapitalis kepada sosial ekonomi islamiyah yang adil, sama rata dan menumbuhkan sikap rasa kasih sayang kepada fakir miskin dan lain sebagainya.

Sangat berat tugas kanjeng nabi muhammad saw utus kedunia ini, namun dengan izin allah swt, hanya membutuhkan waktu 23 tahun mampu menghasilkan sebuah kekuatan islam yang begitu besar, Sehingga pada saat tersebut kebudayaan bangsa arab yang di plopori oleh baginda nabi terkenal ke seluruh penjuru dunia bahkan hingga sekarang.

Dengan begitu tidaklah heran jika baginda nabi, di akui oleh seluruh peminpin dunia, bahwa beliau menjadi salah seorang peminpin umat yang paling di unggulkan, menjadi peminpin tersukses dalam menjalankan tugasnya. Yang mana beliau mampu membangun masyarakat yang tadinya jahiliyah, berada di bawah keterpurukan, kemungkaran, mundur dalam segala bidang, menjadi masyarakat maju, cerdas dalam segala bidang, sopan santun, bahkan dari sisi hukum beliau menjadi sang maha guru se alam jagat ini. Bukan hanya satu negara yang dia urus melainkan seluruh dunia ini hanya dalam waktu singkat beliau sukses mengambalikan segalanya, sebagai mana yang kita rasakan sekarang ini merupakan hasil dari perjuangan beliau sekarang ini, jika di ibaratkan pahlawan, dia bukan sekedar pahlawan nasional tetapi internasional.

Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Maulid Nabi Muhammad Saw Terbaru 2016

Lalu cara apa yang baginda nabi terapkan selama mengemban tugasnya sehingga menjadi sukses.

1. Beliau selalu terdepan dalam memberi contoh untuk beribadah kepada allah swt dan mencontohkan bagai mana berakhlak yang baik. Dalam arti beliau selalu menerapkan "bekerja dulu lalu berbicara", hal ini berbeda dengan peminpin-peminpin jaman sekarang yang mana hanya berbicara tanpa bekerja.

2. Beliau mengedapankan pendidikan mental kerohanian kepada masyarakatnya dengan ketauhidan

3. Memberantas atau menghilangkan sifat kebangsaan yang sempit, yang tumbuh dari beda turunan, pangkat, martabat, dan kekayaan. di mana semua manusia ini adalah sama di hadapan allah, yang membedakan hanyalah ketaqwaannya.

4. Mengganti sifat feodal dengan sifat demokratis dan sebagainya.

Para Hadirin Ahli Jum'at yang di berkahi allah

Dalam rangka menyambut hari lahir sareng perjuangan baginda nabi muhammad saw, mari kita semua sama-sama untuk meningkatkan ketaqwaan kepda allah swt dan meningkatkan dkwah islamiyah kepada seluruh jajaran masyarakat sebagai mana yang telah baginda nabi ajarkan. Allah swt berfirman (QS-AL Imran Ayat 31).

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Qul ingkuntum tuhibbuuna-lloha fattabi'uuni yuhbibkumullohu.

Artinya : Katakanlah "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa baginda nabi muhammad saw itu menjadi :
  1. Orang Yang paling mulai di antar semua makhluk, semua nabi dan seluruh rosul
  2. Menjadi nabi dan rosul penutup
  3. Di berikan ke wenangan oleh allah swt untuk Membela (memberi syafaat) kepada seluruh umatnya di dunia dan akhirat, bahkan syafaatul udzma yang merupakan safaat paling agung nanti di arah-arah mahsyar.

Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan syafaat nanti yaitu dengan memperbanyak membaca shalawat, dalam sebuah hadist riwayat ibnu asakir :

اَكــْــثِرُوا الصَّلا َة َعَلــَيَّ فــَإ ِنَّ صَلا َتــَكــُمْ عَلــَيَّ مَغْـفِرَة ٌلِـذُنــُوْبــِكــُمْ وَاطْـلــُــبُوْا ِلى الدَّرَجَة َوَالْـوَسِيْلــَة

Aksirus-solaata 'alayya fainna solatakum 'ala maghfirotun lidunuubikum watlubuu lii darojata walwasilata fainna wasilati 'indza robbii syafa'atul-lakum

Artinya : Perbanyaklah baca-an sholawat kepadaku; karena sesungguhnya bacaan sholawatmu kepadaku itu merupakan maghfiroh atas dosa-dosa kamu sekalian, dan carilah kedudukan dan wasilah kepadak.

Perlu di ketahui juga, bahwa ketika kita membaca shalawat dengan khusu, maka antara ruh kita dan kanjeneg nabi akan saling berkaitan sebagai mana yang telah di riwayat kan oleh abu daud.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعْنَا بِمَا فِيْهِ مِنَ البَيَانِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِجَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ

Demikian uraian singkat terkait khutbah jum'at tentang maulid nabi yang bisa kami sajikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Advertisement