Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam Hijriyah Masehi Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam Hijriyah Masehi Beserta Artinya - Yakni judul Artikel yg bakal membahas berkaitan do'a akhir thn yg di mana bakal di tulis dgn tulisan arab & latin yg lengkap dengan arti terjemahan dari doa-nya tersebut. Tiap-tiap ada kata awal tentu ada kata akhir begitupun sebaliknya. Seperti halnya dalam mengerjakan Sholat Dhuha yg diawali dgn takbiratul ikhram & di akhiri dgn bacaan salam. Didalam tahun juga begitu, kalau diawali dgn bln muharram (hijriyah) atau bln januari (masehi) sehingga akan ditutup dengan bln dzulhijah/haji (hijriyah) atau bln desember (masehi).
 
Doa ini yakni suatu kebolehan yg dijadikan senjata bagi orang islam buat meminta & memohon terhadap Alloh Swt yg didalam doa-nya mengandung permohonan-permohonan & ampunan pada Alloh atas dosa-dosa yg sudah kita lakukan, maka Alloh hendak mengampuninya. Demikian juga pada akhir th kita mesti meminta ampunan dgn membacakan doa akhir dan awal tahun atas dosa yg sudah kita perbuat selama setahun ke belakang.

Doa Awal Tahun Arab Lengkap

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa Awal Tahun Latin
Washolalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aalihi washohbihi wasallam.
Alloohumma antal badiyyul qadiimul awwalu wa'alaa fadhlikal 'adziimi wakaromi juudikal mu'awwalu wahadzaa 'aamun jadiidun qad aqbala as-alukal 'isymati fiihi minassaitlooni wa-auliyaaihi wal'auna 'alaa haadzihinnafsil ammaaroti bissuui walishtighali bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa yaadzaljalaali wal-ikroomi washollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Arti Terjemahan Doa
Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.
Ya Alloh ! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!
Semoga Alloh selalu melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Semoga Alloh mengabulkan permohonan kami

Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Islam Hijriyah Masehi Beserta Artinya

 Doa Akhir Tahun Arab Lengkap

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Do'a Akhir Tahun Latin Lengkap
Washolallohu 'alaa sayidina muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.
Allohumma maa 'alimtu fii haadzihissanati mimmaa nahaitanii 'anhu falam atub minhu walam tansahu wahalimtu 'alayya ba'da qudrotika 'alaa 'uquubatii wada'autanii ilattaubati ba'da jarooatii 'ala ma'syiyatika fainnii astagfiruka fagfirlii wamaa 'alimtu fiihaa mimmaa tardhoohu wawa'adtanii 'alaihi-tsawaaba fa as aluka allohumma yaa kariimu yaa dzaljalaaliwal ikroomi an-tataqobbalahu minnii walaa taqtho'a rojaaii minka yaa kariimu washollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aalihi washohbihi wasallam.

Arti Terjemahan dari Do'a diatas
Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.
Ya Alloh ! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku !
Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Alloh, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah!
Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau

Berdoa yakni satu buah perwujudan sikap & tabiat kita yg rendah di hadapan Alloh Swt. Mengapa kita mesti berdo'a? Sebab di balik doa tersirat angan-angan yg teramat akbar. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan di atas mampu mempermudah anda dalam mencari Doa Akhir Dan Awal Tahun. Kami ucapan selamat tahun baru untuk teman-teman semuanya!!! Semoga di thn yang sekarang sanggup lebih baik dan tambah sukses lagi dari tahun kemarin. Aamiin..
Advertisement