Doa Ketika Untuk Menjenguk Orang Sakit Minta Kesembuhan

Advertisement
Advertisement
Doa Untuk Orang Sakit adalah salah satu judul artikel dari blog bisangaji yang akan menguraikan sedikit informasi tentang bacaan do'a yang sering dibacakan oleh umat yang beragama islam yang diantaranya adalah doa untuk menjenguk orang sakit yang dicontohkan oleh Rosul juga sahabat Rasululloh dan yang sering dibaca oleh tokoh islam terdahulu.

Doa untuk orang sakit akan kami bahas dan insya Alloh akan diterjemahkan kedalam bahasa indonesia juga dilengkapi pula dengan tulisan latin dan bahasa arab, Karena bacaan doa yang paling sempurna atau afdhol adalah berdoa dengan bahasa arab, sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh imam dua yaitu bukhori dan muslim yang artinya sebagai berikut :
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA
Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain juga ditegaskan sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh imam muslim yang artinya :
Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah basmallah sebanyak tiga kali.
بِسْمِ اللهِ
Bismillah 3x
Artinya: Dengan menyebut nama Allah

Lalu bacakanlah doa ini sebanyak 7x

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Tulisan Latin : A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU
Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim).


Selain pergi ke dokter kita juga harus banyak berdoa, karena doa adalah obat yang paling mujarab. Demikian pembahasan kami mengenai Doa Untuk Menjenguk Orang Sakit Minta Kesembuhan, Mudah-mudahan berkah dan bermanfaat.
Advertisement