Waktu Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Khusus Dan Manfaatnya

Advertisement
Advertisement
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Waktu Doa Setelah Sholat Hajat Khusus - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang niat, do'a dan tata cara sholat hajat yang insya allah dikesempatan ini akan membahas tentang bacaan do'a setelah sholat hajat yang akan dilengkapi pula dengan tulisan bahasa arab dan tulisan latin lengkap dengan arti terjemahannya dari pada bacaan do'a itu sendiri.

Do'a Sholat Hajat - Namun sebelumnya saya menulis niat sholat hajat alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sholat hajat, Jika saja para pengunjung belum tahu dengan pengertian sholat hajat tidak usah khawatir karena selain akan menulis niat saya juga akan menjelaskan tentang pengertian dari sholat hajat.
Lafadz Bacaan Doa Sholat Hajat Arab Latin Lengkap Arti Terjemahan
Sholat hajat - Adalah sholat sunah yang lebih dikhususkan untuk memohon kepada Allah swt agar dikabulkan segala hajat. Sebagai mana Allah swt berfirman dalam al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 45 yang berbunyi :

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ

 “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat.” (QS. Al Baqarah:45)

Hadist tentang keutamaan sholat sunat hajat seperti yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah. “Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw. Setelah itu, mengucapkan “Laa illaha illallahul haliimul kariimu, subhaanallahi….” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Keajaiban Sholat Hajat
“Seorang laki-laki menempuh perjalanan dari Yaman  dan Di tengah perjalanan keledainya mati, lalu dia mengambil wudhu kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat). Maka, keledai itu bangun seketika (hidup kembali), lalu mengibaskan kedua telinganya (HR. Baihaqi)

“Ada seorang yang buta matanya menemui Nabi saw, lalu ia mengatakan, “Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah (untuk) kesembuhanku.” Maka Nabi saw bersabda, “Pergilah, lalu berwudhu, kemudian shalatlah dua rakaat (shalat hajat). Setelah itu, berdoalah....” Dalam waktu yang singkat, laki-laki itu terlihat kembali seperti ia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Jika kamu memiliki kebutuhan (hajat), maka lakukanlah seperti itu (shalat hajat).” (HR. Tirmidzi)

Do'a Setelah Sholat Hajat

Tulisan bahasa Arab

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Tulisan Latin : Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Arti Terjemahan : "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang".

Lihat Juga : Niat Sholat hajat

Dari pembahasan sholat hajat diatas mudah-mudahan bermanfaat bagi semuanya, dan semoga saja bisa diamalkan. Mohon maaf dengan segala kekurangan dari blog bisangaji ini, terimakasih atas perhatian dan kunjungannya.
Advertisement