Doa Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a Tgl 10 - 9 Bulan Muharram 2017

Advertisement
Advertisement
Doa Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a Tanggal 10 - 9 Bulan Muharram 2017 - Alhamdulillah kita masih diberi usia oleh yang maha segala-galanya, dan ditahun baru hijriyah ini atau pada bulan muharram orang islam sudah biasa melaksanakan perbuatan atau hal-hal yang sifatnya sunnah, dan pada kesempatan ini kami akan sharing seputar puasa sunnah pada tanggal 9 dan 10 di bulan muharram yang suka disebut dengan puasa tasu'a dan asyura lengkap dengan lafadz niat puasanya yang inysa alloh akan kami tuliskan kedalam bahasa arab dan latin beserta terjemahannya.

Namun apabila anda masih memiliki puasa yang harus di qadha pada saat bulan ramadhan, maka utamakanlah terlebih dahulu puasa qadha karena puasa ganti/qadha sifatnya wajib dan puasa pada bulan muharram hukumnya hanya sunnah saja, otomatis jangan mengutamakan sunat apabila kewajiban dibelakangkan. Puasa pada bulan muharram ini memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa, yaitu dapat menghapuskan dosa shagir untuk satu tahun, mungkin keutamaannya hampir mirip dengan puasa sunnah pada hari arafah dan tarwiyah dibulan dzulhijjah.

Mungkin teman-teman masih ada yang belum tahu beberapa keutamaan puasa asyura di tanggal hari ke 10 pada bulan muharram? Nah apabila masih ada yang belum tahu mari kita bahas disini, dan semoga saja dengan kita mengetahui keistimewaan puasa dihari tersebut kita bisa lebih giat lagi dalam melaksanakan puasanya, karena tidak sedikit orang islam yang termotivasi untuk menjalankan puasa setelah mengetahui hikmah dari mengerjakan puasanya. Apa saja kah keutamaannya?

Doa Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a Tgl 10 - 9 Bulan Muharram

1. Puasa di bulan Muharram adalah sebaik-baik puasa.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163).

Muharram disebut syahrullah yaitu bulan Allah, itu menunjukkan kemuliaan bulan tersebut. Ath Thibiy mengatakan bahwa yang dimaksud dengan puasa di syahrullah yaitu puasa Asyura. Sedangkan Al Qori mengatakan bahwa hadits di atas yang dimaksudkan adalah seluruh bulan Muharram. Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 2: 532. Imam Nawawi rahimahullah berkata bahwa bulan Muharram adalah bulan yang paling afdhol untuk berpuasa. Lihat Syarh Shahih Muslim, 8: 50.

Hadits di atas menunjukkan keutamaan puasa di bulan Muharram secara umum, termasuk di dalamnya adalah puasa Asyura.

2. Puasa Asyura menghapuskan dosa setahun yang lalu

Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata,

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Kata Imam Nawawi rahimahullah, yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah dosa kecil sebagaimana beliau penerangkan masalah pengampunan dosa ini dalam pembahasan wudhu. Namun diharapkan dosa besar pun bisa diperingan dengan amalan tersebut. Jika tidak, amalan tersebut bisa meninggikan derajat seseorang. Lihat Syarh Shahih Muslim, 8: 46.

Adapun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat secara mutlak setiap dosa bisa terhapus dengan amalan seperti puasa Asyura. Lihat Majmu’ Al Fatawa karya Ibnu Taimiyah, 7: 487-501

Niat Puasa Tasu’a Tanggal 9 Muharram

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى

Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala
Artinya : Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala
Hartosna : Niat abdi puasa dintenan tasu'a, sunat karana alloh ta'ala

Niat Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram

نَوَيْتُ صَوْم عشرسُنَّة لله تَعَالى

Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala
Artinya: Saya niat puasa hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala
Hartosna : Niat abdi puasa dintenan asyura, sunat karana alloh ta'ala

Itulah lafadz bacaan niat puasa asyura dan tasu'a bulan muharram yang bisa kami sajikan, semoga saja bisa bermanfaat bagi saudara yang sudah mampir di blog kami. Selain itu teman-teman juga dapat memperlajari peristiwa penting bulan muharram yang sangat penting untuk kita ketahui, karena pada bulan ini terdapat peristiwa yang sangat bersejarah bagi orang islam.
Advertisement