Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Yang Benar Lengkap Bacaannya

Advertisement
Advertisement
Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Yang Benar Lengkap Bacaannya - Setelah bulan kemarin kita mengerjakan shalat idul fitri karena kita sudah selesai menunaikan ibadah puasa pada bulan ramadhan yang sebulan lamanya kini kita telah sampai pada hari besar islam lainnya yang mana dibulan tersebut umat muslim disunnahkan untuk mengerjakan shalat idul adha, dan kedua hari tersebut kerap disebut dua hari raya (iedil fitri dan idul adha).

Bagi sahabat yang belum hafal dengan bacaan niat dari pada shalat sunnah idul adha mari kita simak dalam halaman ini, namun sebelum menginjak pada niat akan lebih baik lagi jika kita mengetahui terlebih dahulu dengan penjelasan-penjelasan yang menerangkan apa saja yang terkandung dalam hari idul adha ini.

Pada bulan dzulhijjah ini umat islam disunatkan untuk melakukan puasa yang mana puasa tersebut memiliki keistimewaan tersendiri disetiap puasanya, dan puasa tersebut yaitu puasa arafah dan tarwiyah atau juga sering disebut dengan puasa idul adha pada tanggal delapan dan sembilan sebelum hari idul adha tiba.

Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Yang Benar Lengkap Bacaannya

Dan untuk tata cara mengerjakan shalatnya pun itu hampir sama persis dengan mengerjakan shalat idul fitri namun berbeda dalam takbirnya saja, adapun untuk bacaan yang dibacakannya itu sama yaitu kalimat tasbih (Subhanalloh), tahmid (Alhamdulillah) dan takbir (Allohu Akbar).

Mengingat dan menimbang shalat ini dikerjakannya tidak setiap hari bahkan minggu atau bulan melainkan setahun sekali maka tidak sedikit orang yang lupa bahkan tidak tahu sama sekali dengan bacaan niat ataupun tata cara dari pada shalat idul adha tersebut, jadi ada salahnya jika kita pelajari lagi demi mengingat kembali.

Tata Cara Shalat Idul Adha

1. Membaca Niat Shalat Idul adha

Niat Sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunata 'iidhil adha rakataini mustakhbilal qiblati ma'muuman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunata 'iidhil adha rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

2. Takhbirotul Ikhram

3. Takhbir lagi sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali di rakaat kedua selain takhbirotul ikhram serta di antaranya membacakan bacaan :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah, wal hamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akhbar, allahumaghfirli warhamni

Artinya : Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.

4. Di lanjut membaca surat fatihah

5. Membaca salah satu surat dari al-qur'an, lebih di utamakan surat surat Qaaf untuk rakaat pertama dan keduanya surat Al Qomar atau Al A’laa dan surat Al Ghosiyah.

6. Setelah itu di lanjut ruku dan di truskan seperti shalat pada umumnya hingga rakaat kedua lalu di akhiri dengan salam.

7. Setelah shalat idul adha selesai kemudian khutbah yang di lakukan oleh imam atau yang mewakilinya

Niat Dan Tata Cara Shalat Idul Adha Yang Benar Lengkap Bacaannya

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sajikan untuk anda, semoga saja dari penjelasan singkat diatas seputar niat dan tata cara shalat idul adha sedikitnya dapat memberikan sebuah pahaman bagi kita yang sama sekali tidak tahu dengan tata cara shalat idul adha yang baik dan benar.
Advertisement