Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Doa Menerimanya Lengkap Artinya

Advertisement
Advertisement
Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Doa Menerimanya Lengkap Artinya - Bismillahirrohmaanirrohiim, pada kesempatan yang berbahagia ini disini kita akan sama-sama membahas niat zakat fitrah untuk diri sendiri yang lengkap dengan doa menerimanya, selain itu untuk tulisan niat dan doanya akan kami sajikan kedalam bahasa arab dan latin beserta artinya.

Namun sebelum kita membahas lafadz niat zakat fitrah mari kita sama-sama mengkaji dulu apa yang dimaksud dengan zakat fitrah. Pengertian Zakat Fitrah secara global yaitu zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam baik laki-laki, perempuan, besar atau kecil, merdeka atau budak, tua dan muda, pada awal bulan ramadhan sampai menjelang idul fitri.

Secara umum biasanya zakat fitrah dikeluarkan dari mulai tanggal 27 sampai 30 Ramadhan atau Malam Takbiran dan Itu sah saja, karena zakat fitrah paling lambat dikeluarkannya sebelum orang-orang selesai menunaikan shalat ied (hari raya idul fitri), apabila dikeluarkan setelah sholat idul fitri maka tidak tergolong ke dalam zakat, melainkan amal sedekah biasa.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Doa Menerimanya Lengkap Artinya

Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok yang dibayarkan sebanyak 3,2 liter, atau 2,5 kg. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa atau menyucikan diri dari dosa-dosanya dan memberikan makan bagi fakir miskin. Dan berikut dibawah ini adalah bacaan lafadz niat zakat fitrah untuk diri sendiri, Selamat menyimak!!!

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Bahasa Arab

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Bahasa Latin : Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri 'An Nafsii Fardlol Lillaahi Ta'aalaa
Artinya : "Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala"

Dan apabila sahabat sudah berkeluarga dalam arti sudah punya anak dan istri maka bacaannya berbeda dari niat diatas, dan untuk bacaan niatnya sahabat bisa lihat di postingan kami selanjutnya yang menjabarkan Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Dan Istri. Demikian uraian kami mengenai Niat Zakat Fitrah yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kami dan teman-teman semua yang sudah berkunjung ke blog sederhana kami.
Advertisement