Niat Sholat Jenazah Mayit Laki Laki Arab Latin Lengkap

Advertisement
Advertisement
Niat Sholat Mayit - Berikut ini adalah artikel tentang pembahasan sholat yang hukumnya fardhu kifayah yaitu shalat jenazah atau mayyit, Dan untuk kali ini kami akan sharing mengenai bacaan niat sholat mayit laki-laki yang lengkap dengan tulisan arab dan latin juga terjemahannya.

Bagi orang yang masih hidup hukumnya wajib mengurus jenazah yang diantaranya ialah harus memandikan mayyit, mengkafani, menyalatkan, dan juga menguburnya. Namun untuk orang yang mati syahid dalam berperang melawan orang kafir tidak perlu dimandikan dan disholatkan. Adapun untuk bayi yang mati karena disebabkan keguguran dan sudah ditiupi rohnya adalah dimandikan saja kemudian ia dishalatkan jika ia menjerit.

Perlu diketahui juga bagi hukum menangisi mayat. Bagaimana hukumnya menangisi mayit? Ada yang membolehkan menangisi mayit namun bolehnya menangisi mayat tidak dengan menjerit-jerit, atau menyobek-nyobek pakaian atau juga tidak boleh sambil menampari pipi.

Niat Sholat Jenazah Mayit Laki Laki Arab Latin Lengkap

Hukum mengantarkan mayyit ke pemakaman - Mengantarkan Mayat ini mempunyai hukum sunnah dan disunatkan bagi orang yang mengantarkan mayat mendahului mayat dan dimakruhkan mengeraskan suara dengan berdzikir dan membaca Al-Qur'an. Barang siapa ingin berdzikir kepada Allah "maka hendaknya ia berdzikir didalam hati", Sabda Rosululloh Saw "Janganlah kalian mengantarkan mayat dengan bersuara dan membaca api".

Bagi saudara-saudari yang belum mengetahui bacaan sholat jenazah laki-laki berikut niat sholatnya lengkap arab latin dan artinya.

Niat sholat jenazah laki-laki untuk Ma'mum (Arab)

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

LATIN : USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya : Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

Niat sholat mayit laki-laki untuk Imam (Arab)

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

LATIN : USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA.
Artinya : Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi imam karena Allah Ta’ala.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sajikan kali ini mengenai Niat Sholat Jenazah Laki-Laki. Selain bacaan niatnya teman-teman juga dapat mempelajari bagaimana Tata Cara Sholat Jenazah yang benar sesuai sunnah.
Advertisement