Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyyat Awal Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyyat Awal Lengkap Arab Latin Dan Artinya - Tasyahud awal atau kerap disebut dengan tahiyat awal adalah salah satu sunnah dalam pelaksanaan sholat, dan untuk hukum sunatnya mengandung sunnah yang muakkad (sunah yang ditegaskan) jadi apabila kita hendak sholat wajib dan kita lupa tasyahud awal maka kita harus menggantinya dengan cara sujud sahwi setelah kita selesai tahiyat / tasyahud akhir sebelum kita membaca salam.

Kronologinya untuk Bacaan Doa Tahiyat Awal ini dibaca ketika kita sedang sholat fardhu / wajib yang mempunyai jumlah raka'at lebih dari dua yaitu dzuhur, ashar, maghrib, isya. Sedangkan untuk sholat shubuh tidak memakai bacaan tahiyat awal karena sholat tersebut hanya berjumlah dua raka'at saja namun dalam sholat subuh ini dalam raka'at keduanya setelah i'tidal harus membaca doa qunut.

Untuk yang belum mengetahui bacaan tasyahud awal kawan-kawan bisa hafalkan secara langsung dalam blog bisangaji ini yang lengkap dengan tulisan arab dan latin juga diterjemahkan kedalam bahasa indonesia sebagai artinya, Berikut dibawah ini bacaan doa lengkapnya.

Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyyat Awal Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Lafadz Bacaan Tasyahud / Tahiyyat Awal Arab

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Tulisan Latin : “At tahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaat lillah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barokaatuh. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish sholihiin. Asyhadu alla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rosuululloh, Allohumma sholli 'alaa sayyidina muhammad.”

Artinya : Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad.

Mungkin untuk pembahasan mengenai Bacaan Doa Tasyahud Awal dicukupkan demikian, sahabat semua juga bisa pelajari Doa Tahiyat Akhir
Advertisement