Niat Doa Dan Keutamaan Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud

Advertisement
Advertisement
Niat Doa Dan Keutamaan Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud - Shalat sunat tahajud (qiyamul lail) merupakan salah satu solat sunat yang dikerjakannya diwaktu malam, disaat suasanya sunyi atau sepi sehingga kita akan terasa tenang untuk mengerjakannya sehingga akan terasa bertambah dalam kekhusuan dalam pelaksanaannya.

Sholat sunnah tahajud ini adalah solat sunat yang lebih utama dalam pangkat solat sunat apabila dibandingkan dengan solat sunat lainnya sehingga diberi hukuman sunat muakkad yang lebih diunggulkan pahala bagi orang yang mengerjakannya dan diberi keistimewaan untuk yang mengerjakan sholat tahajud.

Kenapa sholat ini disebut solat yang lebih utama?? karena alangkah beratnya untuk bangun diwaktu malam atau tengah malam hari pada waktu yang sedang masa masa nyenyaknya tidur. Namun untuk yang imannya sudah kokoh akan sanggup mengorbankan kesenangannya karena mengharapkan ridho Alloh swt. Alangkah bahagianya kalau setiap malam  kita dapat mengikhtiarkan untuk mengamalkan shalat tahajud.

Niat Doa Keutamaan Sholat Sunat Tahajud Lengkap

Keutamaan mengerjakan sholat tahajud menurut Sabda Rasululloh dalam hadist yang artinya "Shalat yang paling utama setelah sholat fardhu ialah shalat tahajjud". Dan untuk keunggulannya pun ditegaskan dalam Al-qur'an sebagai mana dalam Firman Allah dalam surat Bani Isra-il ayat 79 yang artinya "Hendaklah kau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud sebagai sholat sunnat untuk dirimu, Mudah-mudahan Allah akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik" (Bani Isra-il : 79).

Keistimewaan Sholat Tahajjud yang sesuai dengan sabda Rosululloh saw:
Kamu sekalian harus lazim (dawam) bangun tengah malam yakni shalat tahajud, maka sesungguhnya shalat tahajjud itu pekerjaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu sekalian.
  • Tahajud itu menddekatkan kamu kepada Allah swt.
  • Kifarat kamu sekalian dari dosa-dosa
  • Mencegah kalian dari berbuat dosa
  • Mengusir penakit kamu dari seluruh tubuh
  • Dan Ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin itu ialah berdirinya tengah malam melaksanakan tahajjud (H.R Jabir bin Ali).

Untuk waktu pelaksanaan sholat tahajud yaitu tengah malam sehabis shalat fardhu isya sampai fajar, Tetapi yang lebih baik untuk waktunya yaitu dalam waktu sepertiganya malam yang paling akhir atau sekitar pukul 02.00 hingga pukul 03.00 wib.

Banyaknya jumlah rakaat dalam pelaksanaan sholat tahajud sama sekali tidak ditentukan, itu hanya menurut kemampuan kita saja dalam arti tidak ada batasan atau patokan yang khusus. Namun ada juga yang meriwayatkan dalam hadist yaitu 12 raka'at, enam raka'at, dan yang paling sedikit yaitu dua raka'at.

Kemudian untuk Niat dan Do'a setelah  mengerjakan sholat sunat tahajud sahabat-sahabat sekalian bisa lihat dibawah ini :
Niat Sholat Tahajud
Doa Sholat Tahajud

Mudah-mudahan dengan penjelasan tentang  Niat Doa Keutamaan Sholat Sunat Tahajud Lengkap bisa memberikan manfaat dan bisa menjadikan sedikit ilmu pengetahuan bagi sahabat-sahabat yang belum tahu tentang Sholat Tahajud.
Advertisement