Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar dan Bacaan Doa nya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar dan Bacaanya - Adalah artikel yang akan membahas seputar shalat sunat dhuha dan pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas untuk tata caranya saja. Adapun pengertian dari pada sholat dhuha yaitu shlat sunat yang dikerjakannya di waktu pagi setelah terbitnya matahari hingga menjelang waktu dzuhur tiba.

Namun meski waktu untuk mengerjakannya tidak di patok dalam arti tidak di tentukan pada pukul berapa berapanya ada pula waktu yang paling afdhol untuk melaksanakannya dalam perkiraan kurang lebih sekitar pukul 09.00 pagi hingga lebihnya sedikit sekitar beberapa menit setelah jam sembilan tersebut.

Sholat Dhuha - Dan untuk jumlah raka'at sebenarnya tidak ada ukuran jumlahnya namun Rosululloh mengerjakannya sebanyak empat raka'at dengan dua kali salaman bahkan lebih dari 4 raka'at, karena ada sebahagian keterangan yang menjelaskan tentang itu seperti hadits dibawah ini yang diriwayatkan oleh imam Muslim :

 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ

Artinya : "Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya."

Sebenarnya dalam tata cara sholat tahajud itu sama saja seperti halnya ketika kita mengerjakan sholat pada umumnya, namun ada bacaan dalam membaca surat dalam al-qur'an dan yang diutamakan adalah surat-surat pendek dan yang paling utamanya yaitu membaca surat Asy-Syam pada raka'at pertama dan pada raka'at keduanya membaca surat Al-Lail, mungkin hanya itu saja perbedaannya.
Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar dan Bacaanya
Tata cara sholat dhuha
  • Membaca Niat Shalat Dhuha yang dibaca dalam hati berbarengan dengan Takbiratul ihram
  • Takbiratul ihram (membaca takbir/allohu akbar)
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca surat al Fatihah
  • Membaca satu surat didalam Alquran. Surat yang dianjurkan pada rakaat pertama membaca surat Asy-Syam  dan rakaat kedua surat Al Lail
  • Dan lakukanlah seperti halnya mengerjakan sholat pada umumnya hingga membaca salam
  • Setelah salam dianjurkan membaca Doa Sholat Dhuha

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai artikel yang membahas Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar dan Bacaanya mudah-mudahan ada manfaatnya dan mohon maaf jika ada kesalahan atau kesamaan kata atau hal apapun dalam penjelasan diatas, maka saya harap bisa memaafkan dan memakluminya.
Advertisement