Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaan Doa Setelahnya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaan Doa Setelahnya, Adalah pembahasan saya kali ini yang sebelumnya telah membahas niat dan do'a dari sholat tahajud, Pengertian tahajud menurut bahasa yaitu meninggalkan tidur, Sedangkan menurut istilahnya adalah sholat sunat yang dilaksanakannya setelah terbangun dari tidur pada malam hari, karena jika kita mengerjakan sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka itu namanya bukan tahajud melainkan hanya sholat sunat biasa saja.

Adapun untuk melaksanakan tahajud yang paling utamanya yaitu pada sepertiganya malam atau sekitar pukul satu sampai pukul tiga atau sekitar setengah empat, Kenapa waktu tersebut menjadi waktu utama dalam pelaksanaan tahajud? Karena disitulah waktunya mustajabah dalam arti waktu dimana do'a kita di ijabah oleh alloh swt, ada sebagian hadist yang menjelaskan bahwasanya pada waktu tersebut alloh swt turun ke langit lapisan pertama untuk memberikan penawaran terhadap hambanya yang meminta sesuatu kepada alloh swt.
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaannya
Dalam melaksakan sesuatu tentunya kita harus tahu terlebih dahulu tata cara dari apa yang akan kita kerjakan terlebih dalam mengerjakan sholat sunat tahajud, dan berikut dibawah ini saya sajikan untuk anda semua tata cara dan bacaan yang dibaca ketika kita melaksanakan sholat tahajjud.

Ada pun untuk tata cara, syarat dan rukunnya sama saja seperti yang sering kita kerjakan dalam melaksanakan sholat biasa (fardlu). Untuk lebih detilnya lagi dibawah ini saya tulis tata cara untuk sholat sunat tahajud berikut bacaan yang dibaca dalam mengerjakan sholat tahajud.

Tata Cara Sholat Tahajjud
  • Membaca niat ==>> Niat Sholat Tahajud
  • Membaca takbir (allohu akbar) sambil mengangkat kedua tangan
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca al-fatihah, Setelah membaca fatihah kemudian
  • Membaca surat pendek, Setelah membaca surat pendek kemudian
  • Ruku', Kemudian lanjutkan seperti halnya kita mengerjakan sholat seperti biasanya hingga salam.
  • Setelah salam disunatkan membaca wirid, membaca tasbih (subhanalloh), membaca tahmid (al-hamdulillah), membaca takbir (allohu akbar), sholawat (allohumma sholli ala sayyidina muhammad), istigfar (astagfirullohal adzin), kemudian yang terakhir membaca Doa Sholat Tahajud.
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaannya

Mudah-mudahan dari rangkuman artikel diatas bisa membantu anda dalam mencari informasi tentang Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaannya, mohon maaf dengan segala kekurangan dan mudah-mudahan bisa memberikan banyak manfaat bagi semua yang telah membacanya!!!
Tag Artikel : tata cara sholat tahajud yang benar | tata cara sholat tahajud dan doanya | tata cara sholat tahajud sesuai sunnah | tata cara sholat tahajud lengkap | tata cara sholat tahajud 2 rakaat.
Advertisement