Bacaan Niat Sholat Sunnah Muthlaq (Mutlak) Arab Latin Lengkap Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Sholat Sunnah Muthlak dan Artinya - Adalah pokok bahasan yang akan saya paparkan kali ini terutama niat shalat sunah mutlak yang akan dilengkapi dengan tulisan bahasa arab dan tulisan latin yang akan dilengkapi juga dengan artinya. Sholat sunat ini termasuk sholat sunat yang termasuk kedalam sholat sunat yang tidak disunatkan untuk berjamaah.

Sholat sunat mutlak ini tidak terikat oleh waktu dan juga sebab serta dengan alasan-alasan apapun yang melibatkan untuk mengerjakan sholat sunat muthlaq, sesuai dengan namanya shalat ini semata-mata mutlak shalat sunat dan dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja serta jumlah rakaatnya pun sama seklai tidak ditentukan.

Hadist yang menjelaskan tentang sholat sunat mutlak

فَأعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ
Artinya : “Jika demikian, bantulah aku untuk mewujudkan harapanmu dengan memperbanyak sujud.” (HR. Muslim).

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ، فَإِنَّكَ لا تَسْجُدُ، سَجْدَةً إِلا رَفَعَكَ اللهُ بِهَا دَرَجَةً، وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً
Artinya : “Perbanyaklah bersujud. Karena tidaklah kamu bersujud sekali, kecuali Allah akan mengangkat satu derajat untukmu dan menghapus satu kesalahan darimu.” (HR. Muslim).

أفْضَلُ الصَّلاةِ بَعْدَ الصَّلاةِ المَكْتُوبَةِ الصَّلاةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ
Terjemahan : “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat sunah yang dikerjakan di malam hari.” (HR. Muslim)

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ، فَيَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ، وَمَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ
Terjamahan : “Tuhan kita Yang Maha Mulia lagi Maha Tinggi, turun setiap malam ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir. Kemudian Dia berfirman: ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku akan aku ampuni.” (HR. Muslim)

إِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا المَكْتُوبَةَ
Terjemahan : “Sesungguhnya shalat yang paling utama adalah shalat yang dilakukan seseorang di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun untuk niat sholat sunat mutlak yaitu sebagai berikut:

Niat Shalat Muthlaq Tulisan Bahasa Arab
Tulisan Latin : Ushallii sunnatar rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.
Artinya : "Aku niat shalat sunah dua rakaat kareua Allah Ta `ala. Allaahu akbar."

Adapun waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan Sholat Sunnah Mutlak Sunat ialah:
  • Waktu matahari sedang terbit, sehingga naik setombak/lembing.
  • Ketika matahari sedang tepat di puncak ketinggiannya hingga tergelincirnya. Kecuali pada hari Jum'at ketika orang masuk masjid untuk mengerjakan shalat tahiyyatul-masjid.
  • Sesudah shalat asar sampai terbenam matahari.
  • Sesudah shalat subuh hingga terbit matahari agak tinggi.
  • Ketika matahari sedang terbenam sampai sempurna terbenamnya.

Lihat Juga Tentang Sholat Sunat Lainnya
Sholat Tahajud
Sholat Dhuha
Advertisement