Bacaan Do'a Qunut Sholat Subuh dan Nazilah Lengkap Terjemahannya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Do'a Qunut Sholat Subuh dan Nazilah Lengkap Terjemahannya yang lengkap dengan tulisan arab dan latin berikut hukuman membaca qunut dalam sholat. Qunut adalah bacaan doa pada sholat terutama dalam sholat subuh yang dibacanya pada raka'at ke dua setelah bangun dari ruku' atau i'tidal dan do'a nya hanya dibaca oleh imam jika sholatnya berjamaah sedangkan makmum hanya membaca amin saja, dan untuk membaca doanya pun mau yang pendek atau panjang itu sama saja tergantung yang sudah kita hapal.

Apakah sholat yang memakai qunut hanya sholat subuh saja?? bukan!!! faktanya sholat sunat tarawih dan witir pun dalam rakaat keduanya sering memakai doa qunut seperti yang telah kita ketahui pada umumnya dalam mengerjakan sholat witir pada tanggal pertengahan bulan puasa ramadhan sudah dibudayakan atau dibiasakan pada tanggal tersebut dalam melaksanakan sholat witirnya selalu memakai qunut pastinya pada rakaat kedua (Madzhab Syafi'iyah).

Adapun untuk pembacaan qunut nazilah yaitu dibacanya ketika umat islam sedang terkena bencana, mendapat ancaman, penganiayaan dan penindasan dari musuh-musuh Allah Swt dan musuh kaum Muslimin. Seperti dalam kisah yang diriwayatkan oleh syaekhoni (Bukhori & Muslim) "Rasulullah SAW pernah melakukan qunut selama satu bulan untuk mendoakan pembunuh-pembunuh para sahabatnya di Bir Al-Maunah"

Dari Abu Hurairah RA : “Sesungguhnya bila ingin mendoakan seseorang, Nabi Muhammad SAW membacakan qunut sesudah ruku’” (Hr. Bukhari dan Ahmad bin Hambal).

Untuk hukuman melaksanakan qunut ada dua macam, macam pertama hukumnya sunat ab'ad dalam arti akan mendapatkan pahala bagi orang yg mengerjakannnya yaitu dalam sholat subuh pada raka'at kedua dan apabila lupa melaksanakannya maka harus diganti dengan sujud sahwi. Dan untuk macam yang ke dua yaitu dalam kategori qunut nazilah yang hukumnya sunat hai’ah dalam arti meski lupa tidak qunut pun tidak disunatkan untuk digantikan dengan sujud sahwi.

Bacaan Do'a Qunut Subuh dan Nazilah Lengkap Hukuman Arti Terjemahannya

Doa qunut ketika dibacanya sedang sholat subuh sendirian atau munfarid

 للَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ،
وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى
عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Latin ; Allahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa athaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Wa innahu laa yudzillu man waalaiit. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait.

Arti Terjemahan : Wahai Allah, berikanlah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan petunjuk; Berilah aku perlindungan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan perlindungan; Sayangilah aku sebagaimana orang-orang yang Engkau sayangi; Berilah berkah terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku; Jagalah aku dari keburukan apa yang telah Engkau takdirkan; Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak yang mampu memberikan hukuman kepada-Mu; Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan pernah terhinakan dan tidak akan pernah mulia orang-orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau Rabb yang Maha Tinggi.

Contoh qunut nazilah yang di khususkan untuk ikhwanul muslimin yang ada di Gaza Palestine

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ
وَاَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَاَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ
وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ اَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِكَ
وَيُكَذِّبُوْنَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُوْنَ اَوْلِيَائَكَ
اَللَّهُمَّ اَنْجِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ أَفْغَانِسْتَانَ وَ فِي الْعِرَاقِ
وَفِيْ فَلَسْطِيْنِ وَ سَائِرِ بِِلاَدِ الْمُسْلِمِيْنَ
اَللَّهُمَّ انْصُرِِ الْمُجَاهِدِيْنَ فِي أفغانستان و في العراق
وفي فلسطين و في كُلِّ مَكَانٍ
اَللَّهُمَّ قَاَتِلْ جُيُوْشَ أَمْرِيْكَا وَ حُلَفَائِهِمْ وَاشْدُدْ
وَطْأَتَكَ عَلَيْهِمْ وَاجْعَلْهُمْ مُنْهَزِمِيْنَ
اَللَّهُمَّ شَتِّتْ شَمْلَهُمْ وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ
وَاجْعَلْهُمْ عِبْرَةً لِلْمُعْتَبِرِيْنَ
وَ دَمِّرْ هُمْ بِعِزَّتِكَ
يَاعَزِْيزُ يَاقَهَّارُ ياَجَبَّارُ يَامُنْتَقِمُ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


Arti Terjemahan : Ya Allah, ampunilah kami dan kaum mukminin dan mukmininat muslimin dan muslimat; dan tautkanlah hati-hati mereka dan perbaikilah hubungan mereka; dan tolonglah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka
Ya Allah, kutuklah kaum kuffar dari kalangan ahli kitab yang menghalang-halangi jalan-Mu dan mendustakan Rasul-Mu dan memerangi para wali-Mu
Ya Allah, selamatkanlah kaum muslimin di Afghanistan, Irak, dan Palestina serta seluruh negeri kaum muslimin
Ya Allah, tolonglah para mujahidin yang berjihad di Afghanistan, Irak, Palestina, dan di mana saja berada
Ya Allah, perangilah tentara Amerika dan para sekutunya; keraskanlah injakan-Mu kepada mereka; dan jadikanlah mereka kalah
Ya Allah, ceraiberaikanlah barisan mereka, dan pecahkanlah kesatuan mereka, dan jadikanlah kehancuran mereka sebagai pelajaran bagi siapa saja; dan hancurkanlah mereka dengan kekuatan-Mu, wahai Dzat yang Maha Kuat, Paling Berkuasa, Paling bisa berbuat sewenang-wenang dan Zat yang Maha Pembalas"


Jika ikhwanul muslimin tidak pandai membaca arab dan tidak mengerti dengan tulisan arab yang ditulis dengan tulisan latin maka untuk mempermudahkan menghapalnya yaitu bisa mendengarkan Mp3.
Lihat Juga Doa Sholat Tahajud

Jadi dapat disimpulkan bahwasanya hukuman membaca qunut itu menjadi dua yaitu sunat hai'at (qunut nazilah & witir) dan sunat ab'ad (qunut dalam sholat subuh). Mudah-mudahan dengan artikel yang berjudul Doa Qunut Subuh dan Nazilah Lengkap Artinya bisa membantu dan bermanfaat bagi ikhwanul muslimin semuanya, amiiin!!!
Advertisement